Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Jurnal Kepariwisataan Indonesia merupakan jurnal di Direktorat Kajian Strategis, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memuat tulisan hasil penelitian atau kajian dibidang pariwisata, atau terkait dengan bidang pariwisata
  • Naskah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Kepariwisataan Indonesia merupakan karya tulis ilmiah orisinal, belum pernah dipublikasikan di media cetak lain maupun elektronik.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan tata bahasa yang benar. Di luar kata dalam bahasa Indonesia harus dicetak miring
  • Naskah ditulis menggunakan font Times New Roman; ukuran font 14 poin untuk Judul, 12 poin untuk nama penulis dan institusi, 11 poin untuk tulisan utama, 10 poin untuk daftar pustaka, 9 poin untuk tulisan dalam tabel serta sumber gambar dan tabel; spasi antar paragraf 1.2; margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm pada kertas berukuran A4 (21 cm x 29,5 cm). Panjang naskah maksimum 20 halaman serta diberikan nomor halaman disetiap lembarnya. Seluruh naskah yang dikirim menggunakan format Microsft Word (.doc) atau Rich Text Format (.rtf).
  • Artikel harus menyesuaikan gaya selingkung yang terdapat pada Author Guidelines
  • Nama penulis dicantumkan di bawah judul, ditulis lengkap tanpa menyebutkan gelar, diletakkan di tengah (centered). Alamat penulis (nama dan alamat instansi tempat bekerja) ditulis lengkap di bawah nama penulis. Alamat e-mail ditulis di bawah alamat penulis.

 Seluruh naskah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Kepariwisataan Indonesia merupakan karya tulis ilmiah orisinal, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan di media cetak lain maupun elektronik. Naskah yang dikirimkan secara substansi harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup JKI. Naskah tersebut dapat berisi kajian yang mengkatkan dengan teori, evaluasi hasil penelitian lain, dan atau ketentuan kebijakan, terutama ditujukan kepada pengambil kebijakan sebagai bahan pengambil keputusan. Permasalahan diharapkan dapat dibahas secara komprehensif serta bertujuan memberi informasi terbaru tentang dinamika kepariwisataan di Indonesia. Seluruh naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah baku Bahasa Indonesia.

Naskah ditulis menggunakan font Times New Roman; ukuran font 14 poin untuk Judul, 12 poin untuk nama penulis dan institusi, 11 poin untuk tulisan utama, 10 poin untuk daftar pustaka, 9 poin untuk tulisan dalam tabel serta sumber gambar dan tabel; spasi antar paragraf 1.2; margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm pada kertas berukuran A4 (21 cm x 29,5 cm). Panjang naskah maksimum 20 halaman serta diberikan nomor halaman disetiap lembarnya. Seluruh naskah yang dikirim menggunakan format Microsft Word (.doc) atau Rich Text Format (.rtf).

Nama penulis dicantumkan di bawah judul, ditulis lengkap tanpa menyebutkan gelar, diletakkan di tengah (centered). Alamat penulis (nama dan alamat instansi tempat bekerja) ditulis lengkap di bawah nama penulis. Alamat e-mail ditulis di bawah alamat penulis. Bila penulis lebih dari seorang maka penulisan namanya mengikuti kode etik penulisan.

Sistematika penulisan naskah dijelaskan sebagai berikut:

  • JUDUL

Judul harus singkat, faktual dan informatif, yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Judul tidak boleh lebih dari 15 kata. Jika dirasa perlu, judul naskah dapat dilengkapi dengan subjudul untuk mempertegas maksud tulisan.

  • ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak merupakan ringkasan elemen-elemen terpenting dari naskah, ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 250 kata. Abstrak harus dapat menggambarkan dengan ringkas mengenai masalah, tujuan penulisan, dan kesimpulan. Hindari singkatan dan referensi di dalam abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa dan Inggris yang diikuti keywords dalam bahasa Inggris (3-5 kata).

  • PENDAHULUAN

Pendahuluan meliputi latar belakang, tujuan, pernyataan masalah atau perumusan masalah, landasan teori (penelitian sebelumnya atau teori yang dianut yang relevan).

  • METODE

Bagian ini dapat memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model penelitian, dan teknik analisis.

  • HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan- pertanyaan penelitian, temuan-temuan, dan menginterpretasikan temuan-temuan. Hasil merupakan pemaparan data yang relevan dengan tema sentral kajian berupa deskripsi, narasi, angka-angka, gambar/tabel, dan suatu alat. Upayakan untuk menghindari penyajian deskriptif-naratif yang panjang lebar dan gantikan dengan ilustrasi dalam bentuk gambar, grafik, foto, diagram, peta, dan lain-lain, namun dengan penjelasan serta legenda yang mudah dipahami. Sedangkan pembahasan merupakan hasil analisis, korelasi, dan sintesa data atau pembuktian teori.

  • KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan merupakan uraian secara umum yang menjawab permasalahan dan tujuan penelitian (bukan ringkasan artikel). Sedangkan saran diharpakan mampu mengarah kepada kebijakan hasil penelitian.

  • DAFTAR PUSTAKA

Pustaka disusun menurut abjad berdasarkan nama (keluarga) penulis pertama. Setiap pustaka yang tercantum pada daftar pustaka harus dikutip (disitir) pada teks, dan sebaliknya setiap kutipan (sitasi) harus dicantumkan dalam daftar pustaka. 

Jumlah sitiran pustaka minimal 15 buah. Pustaka primer dari beberapa penulis diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder. Acuan primer terdiri dari jurnal ilmiah terakreditasi dan tidak terakreditasi, laporan penelitian yang diterbitkan, skripsi, tesis, disertasi, buku teks acuan utama dan peraturan perundang-undangan; sedangkan acuan sekunder terdiri dari buku teks, laporan penelitian, media cetak, dan laman (website) resmi. Wikipedia, wordpress, dan blogspot bukan merupakan laman resmi. Jumlah acuan yang tercantum di dalam tubuh naskah harus sesuai dengan jumlah daftar pustaka yang terdapat di bagian akhir naskah. Kebaruan pustaka diupayakan 10 tahun terakhir. 

Penulisan pustaka pada teks menggunakan sistem "nama-tahun" dengan dua bentuk, misalnya Hall & Dredge (1991) dan (Hall & Dredge, 1991). Jika lebih dari satu pustaka disebutkan bersama-sama maka penulisannya disusun berdasarkan tahun terbit. Contohnya, (Urry, 1993; Richards & Hall, 2001; Buttler, 2002; Goeldner, 2003; Buhalis, 2004). Jika terdapat lebih dari dua penulis maka nama (keluarga) penulis pertama diikuti dengan et al. Namun semua nama penulis dan nama editor harus ditulis secara lengkap pada Daftar Pustaka. Referensi yang tidak diterbitkan supaya dihindari.

Secara umum, format daftar pustaka yang digunakan JKI menggunakan format American Psychological Association (APA). Berdasarkan buku Publication Manual of the American Psychological Association edisi VI, beberapa format penulisan pustaka sebagai berikut:

Periodical (misalnya Jurnal, Majalah, Surat Kabar)

Jurnal

Tribe, J. (2018). Creating and curating tourism knowledge. Annals of Tourism Research, 73, 14-25. DOI: 10.1016/j.annals.2018.08.004

Buhalis, D., & O'Connor, P. (2005). Information communication technology revolutionizing tourism. Tourism recreation research, 30(3), 7-16.

          DOI: 10.1080/02508281.2005.11081482

Damanik, J. (2005). Kebijakan Publik dan Praksis “Democratic Governance” di Sektor Pariwisata. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 331–352.

 

 

Majalah

Nasar, S., & Gruber, D. (2006, August). Manifold destiny. The New Yorker. Diakses dari http://newyorker.com

Jaeger, J. (2010, August). Social media use in the financial industry. Compliance Week, 54

 

Surat Kabar

Schwartz, J. (1993, September 30). Obesity affects economic, social status. The Washington Post, pp. A1, A4.

Buku

Hall, C. M., & Higham, J. (Eds.). (2005). Tourism, recreation and climate change. Channel View Publications.

Sharpley, R. (2018). Tourism, tourists and society. Routledge.

Melotti, M. (2018). Florence: Tourism, Heritage and Consumption. Dalam Kozak, M. & Kozak, N. (Eds). Tourist Behaviour: An Experiential Perspective (pp. 97-100). Singapura: Springer

 

Peraturan Perundang-undangan

UU RI Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala. Jakarta

 

  • Laporan Teknis
  1. Tabel yang ditampilkan di dalam naskah diberi judul dalam bahasa Indonesia secara singkat dan jelas. Judul tabel diletakkan di bagian atas tabel, rata kiri (bukan center), serta ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 10. Tabel diberi nomor urut sesuai keterangan di dalam teks dengan menggunakan angka (1,2,3,4, dst).

Contoh: Tabel 1. Jumlah Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Indonesia

  1. Gambar yang ditampilkan di dalam naskah dapat berupa ilustrasi, sketsa, foto, bagan, grafik, diagram, dan peta. Judul gambar diletakkan di bagian bawah gambar, di tengah (center), serta ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 10. Seluruh gambar ditampilkan berwarna dan diberi nomor urut sesuai keterangan di dalam teks dengan menggunakan angka Arab (1,2,3,4, dst), serta dicantumkan sumber gambar. Foto yang disajikan memiliki resolusi yang baik (minimal 600x800 pixel).

Contoh:

Gambar 1. Sketsa Tourism Informaion Centre 

Gambar 2. Foto Pantai Pangandaran

Sistematika penulisan naskah Jurnal Kepariwisataan Indonesia dapat dilihat pada template jurnal yang dapat diakses di :

bit.ly/templatejki